Minggu, 09 Desember 2012

Mawar Putih Part 2



“Yang terpendam”
Sehari setelah Lawliet berangkat ke kota Bandung, aku jadi merasa kesepian. Rasanya ngga ada lagi penyemangat hidup yang memacu ku untuk menjadi yang terbaik. Yah.. hal pertama yang kulakukan ketika aku membuka mataku adalah mencari cari hanpone lalu melihat nya sejenak..
“Hah.. ngga ada sms.. kak lawliet aja ngga sms aku.. ckckck “
Sebenernya pas di perjalanan ke bandung dia sms aku sih, tapi pagi ini dia ngga sms lagi. “Mungkin dia kecapean, jadi ngga sempet sms “ kata ku dalam hati sambil berusaha berfikir positive. Pandanganku sejenak beralih pada sebuah kotak kecil yang terbungkus dengan kertas kado warna biru yang tergeletak di atas meja belajarku.. “seandainya kemarin aku bisa menyempatkan waktuku untuk bertemu kak lawliet dan memberikan kado ini buat kak lawliet, pasti kadonya ngga bakal terbengkalai gitu deh..”
Aku mengambil kado itu dan memandangnya sejenak.
“Kamu aku simpen dulu yah.. besok kalo suatu saat dia kesini lagi, pasti aku kasih ke dia kok” #ngomong sama kado#
Sambil memasukkan kado itu ke laci meja belajarku, aku kembali terdiam memikirkan sesuatu yang aku rasa ada yang aneh dengan hari ini,..
“kayanya hari ini ada yang janggal yaa? Tapi apa ? “ batin ku dalam hati
Namun perasaan itu aku abaikan begitu saja tanpa aku mau berfikir keras tentang apa yang janggal.
“oke.. ganbatte buat hari ini !!! ngga boleh sedih Cuma gara gara lawliet” kataku sambil berbicara di depan cermin, menyemangati diriku sendiri. Seperti biasa, setiap pagi tugas ku adalah Nyapu halaman rumah, terus mandi, terus sekolah deh.
Ketika aku lewat di ruang tamu, aku berhenti di depan kelander dan memandangi tanggal tanggal itu.
“Tanggal 11 kak lawliet pergi dari lampung.. “ sambil menunjuk nunjuk tanggal 11.
“ahh.. perlu di bulletin nih tanggal… oke oke..” aku menandai tanggal 11 itu dengan melingkari tanggal 11 itu dengan spidol warna merah.
“Nah… sekarang tanggal 12.. hari………………………” aku mencoba mengingat hari apa ini. Yang jelas ini hari senin, tapi dibalik hari senin itu ada apa? Aku masih mencoba berfikir untuk yang kedua kalinya. pikiranku langsung terbuka….
“hah… iya.. !!! hari ini hari ultah nya kak lawliet !!! astaga… sampe lupa gituh…!! Pantes aja brasa aneh”
Aku kembali ke kamarku dan berniat ngucapin happy birth day lewat sms, tapi……
“tapi aku pengen jadi yang pertama, malah lupa.. L lagian kak lawliet juga pasti kecapean, jadi ngga mungkin sms ku dibaca sekarang…”
Aku lebih memilih mengucapkan via facebook aja, biar terkesan umum. Nyesel sih ngga bisa jadi orang pertama yang ngucapin HBD. Paling juga yang pertama kali ngucapin si putri. Seengaknya aku kan udah ngucapin, walau mungkin bagi dia ngga ada apa apanya dibanding dengan kado special yang diberikan teman teman nya dari uang iuran kelas, saat dia masih sekolah dulu. Kalo aku jadi lawliet sih hal itu memang ngga akan pernah terlupa, aku juga sadar, ternyata banyak banget orang orang yang sayang dan peduli sama dia. Berbeda dengan aku yang seakan akan bagiku dunia ini ngga ada penghuni nya. Teman pun hanya butuh aku dikala susah, giliran mereka seneng, seneng nya dimakan sendiri. Aku membayangkan, seandainya aku jadi lawliet, pasti aku bener bener bahagia dan bersyukur punya teman yang begitu luar biasa seperti mereka :’)
Setiap senin, aku memang berangkat sekolah lebih pagi dari teman teman ku yang lainnya, soalnya hari senin itu udah jadwal piketku, jadi harus berangkat lebih pagi.
Embun pagi ini masih terlihat pekat dan menutupi pandangan di setiap jalan yang aku lalui. Sianar matahari pagi ini pun terlihat hangat, berbeda dengan kemarin kemarin. Pagi ini cerah banget. Sampe sekolah, ternyata bener bener ngga ada orang, bahkan rumput rumputnya pun masih basah karna embum pagi yang masih pekat. Aku orang pertama yang datang hari ini. Pak yadi penjaga sekolahku pun masih sibuk mendorong gerobak sorongnya sambil mengambil sampah yang berceceran di lingkungan sekolah. Salut deh sama pak yadi. :D. Sekolah yang sebenernya bagiku “ngga bisa di banggakan” , kini membuat ku nyaman berada disini setelah aku membaca tulisan dari kak lawliet yang ada perpustakaan. Semangat kak lawliet untuk belajar di sekolah ini bener bener luar biasa, dia bener bener bangga pada semua guru disini. Secara universal dia bangga bisa jadi siswa lulusan SMA Kristen 3 . Dan aku berusaha meneladani semangat yang dia punya ^ ^ . Disini lah tempat ku untuk menuju titik terang yang tinggi itu, disinilah tempat menjejakkan kaki dan memulai semua untuk mencari sebuah kehidupan indah yang banyak dicari orang orang. Semuanya diawali dengan semangat, yang kedua senyum. Setidaknya kak lawliet udah banyak memotifasi aku dengan cara yang tersirat. Dia ngga pernah sadar kalo aku selalu berusaha mempelajari apa yang telah dia pelajari J. Aku banyak belajar dari lawliet,belajar arti semangat yang begitu luar biasa,belajar tentang kerja keras, belajar menghargai lalu yang terahir belajar dan berusaha menepati janji kepada ayahku bahwa aku bisa, bukan karna orang lain, tapi karna kemampuan dan kerja kerasku..
Sambil duduk duduk di depan kelas sendirian, aku memandang sejenak ke sudut sudut sekolah ku. Disetiap koridor, disetiap kelas, disemua tempat, punya kenanagn tersendiri buat mereka yang pernah sekolah disini. Termasuk aku. Pandingan ku beralih kearah perpustakaan itu, tempat dimana aku di jitakin sama kak lawliet :D . Sebenernya pengen minta dijitak lagi sih, tapi malu minta tambah :D (ngaco). Dan ngga kerasa, 4 bulan lagi aku bakal ninggalin sekolah ini dan hidup dalam dunia baru, bukan lagi menjadi seorang siswa tapi sudah menjadi masyarakat, yang harus bisa jadi contoh di lingkungan mana pun. Harusnya aku banyak berterimakasih sama kak lawliet, karna dia juga udah berperan penting dalam perubahan hidupku, yang dulu nya urakan, ngga jelas, sekarang udah sedikit mengerti tentang hidup dan kerja keras. Lawliet pernah bilang sama aku, “contoh orang yang lebih baik dari kakak. Mereka lebih bisa dicontoh dibanding kakak J” . tapi bagiku, Cuma lawliet yang bisa buat aku lebih bersemangat, kalo dengan mengingat senyumnya saja sudah membuatku semangat, bagimana jika aku melihat senyumnya secara langsung? Pasti rasanya deg deg’an. Inget waktu dia jitak aku aja kadang aku senyum senyum sendiri, apalagi kalo aku dijitak untuk yang kedua kalinya.. waaaaaa…… :D
Oke matahari udah mulai tinggi, kelasku harus segera bersih sebelum teman teman ku yang lain datang.
“Rin.. ? Baru kamu doang yang piket” kata si vina orang kedua yang datang setelah aku. (si vina ini emang rajin, piket atau pun ngga piket, datengnya tetep pagi)
“Iya vin..” jawabku..
“eh.. gimana kak lawliet? Dia beneran pergi?” Tanya vina. (aku emang menceritakan segala sesuatu tentang lawliet kedia. Karena dia orang satu satu nya yang bisa aku percayai dalam masalah cinta wkwkw, kalo masalah keluarga, beda orang. Beda masalah, beda juru kunci.kalo si vina juru kunci tentang masalah cinta ku,heheh )
“udah vin, jangan bahas dia kalo di sekolah, aku ngga enak sama putri..” jawabku sambil focus menyapu kelas yang kotornya ngga jauh beda sama kandang kambing.
“Loh.. bukan nya mereka udah pernah pacaran ya?” Tanya vina..
“hah.. ?? pacaran ??? “ #tampang shock beratttttttt#
“iya, soalnya dulu adeknya lawliet pernah Tanya ke aku” jawab vina
“Tanya gimana”
“mbak.. emang mbak putri itu pernah pacaran sama kakak ku ya?.... gitu dia Tanya nya.. terus aku jawab aja ‘ngga tau’ ”
“terus adeknya bilang apa lagi vin..” tanya ku dengan wajah yang penuh rasa penasaran.
“dia bilang katanya putri sering maen kerumahnya..”
“berati mereka udah pernah pacaran yaa..:(
Fiuuuhh….. berarti aku emang harus bener bener lupain dia. Sudah cukup aku mengaguminya, ngga akan pernah lagi aku berharap lebih sama dia, aku ngga mungkin bisa jadi yang istimewa di dalam hati dan hidupnya. HARAPAN KONYOL !! Aku terlalu bodoh, memiliki rasa yang ngga mungkin terbalas. Aku ngga mungkin terus mencintai cowok yang ternyata udah pernah pacaran sama temenku sendiri, itu bukan sifat ku. Tuhan… Bantu aku melupakan nya… !! Pikiran dan Hatiku lebih hancur sekarang setelah tau ternyata mereka pernah pacaran 2 bulan lamanya.
Setelah selesai menyapu kelas, aku duduk di bangku ku lalu menghela nafas sejenak. Apa hatiku sekarang sudah benar benar hancur ?? apa ini nama nya sakit hati ?? ini kah rasanya ?? aku hanya bisa bertanya pada diriku sendiri, karna ngga ada yang bisa merasakan sakit ini kecuali aku sendiri.
Aku menundukkan kepalaku diatas meja sambil meneteskan air mata.
“Aku cengeng…… !! aku lemah !!” kataku dalam hati
“Rin…… kamu kenapa nangis??” kata vina.
“ngga vin…” kataku sambil menghapus air mataku…
“yaampun rin… tau gitu aku ngga cerita ke kamu… maaf ya rin… “ kata vina sambil meminta maaf di bangku depan tempat duduk ku.
“ngga papa vin… makasih ya vin udah ngasih tau. Tau gitu, aku ngga akan suka deh sama dia. dan sekarang, Tuhan menghendaki aku untuk melupakannya “ kata ku sambil tersenyum.
“sabar ya rin…” kata vina sambil menepuk nepuk bahuku…
“Kemaren aku udah selesai buat novel hidup ku.. udah aku tag ke dia, aku ngga tau dia udah baca belum…” kataku
“moga aja dia baca dan dia ngerti maksut kamu. Dia pinter kok, tenang aja… dia pasti tau” jawab vina…
“kenapa selama ini dia ngga peka ya vin?? Apa karna aku jarang sms dia??”
“yaa mungkin itu juga penyebabnya, kamu kan jarang sms dia, kalo bales juga singkat. Jadi gimana dia bisa tau,kalo sebenernya kamu suka sama dia. harus kasih sinyal cinta juga rin, biar dia tau.. hehe”
“Emang harus gitu yah vin cara ngasih tau seseorang, kalo sebenernya kita suka sama dia?”
“ngga juga si rin… tiap orang punya cara tersendiri untuk bercerita, memberitahu dan menjalani sebuah hubungan… :) “ kata vina
“Eh rin… putri udah tau belom sih kalo sebenernya kamu suka lawliet?” sahut vina lagi
“udah vin… aku udah cerita ke dia, bahkan sebelum aku cerita ke kamu” kata ku…
Dreeeetttt… dreeeet… dreeet… hape cumplung ku……
udah nyampe dengan selamat…” sms dari kak lawliet
Rasanya aku males banget mau bales… tapi yaudah deh…

      * * *
Ternyata lawliet udah baca novel ku… dia banyak berkomentar (komentarnya tidak dimuat cerita ini ya… itu privasi J )
Dia hanya menulis di facebook “ dia pandai menulis… semoga sukses nantinya…” walau begitu… aku akn tetap melupakan nya… aku terlalu rendah untuk mengaguminya yang bagiku dia adalah orang yang begitu luar biasa, dari segi fisik, aku udah ngga pantes buat jalan disamping dia, soal otak apa lagi, otak ku juga terlalu cetek, dan yang terahir, masalah hati, hatiku memang buat dia, tapi dia??? bertolak belakang kan? Jadi buat apa aku ngejer ngejer dia lagi. Lupakan saja.
Yah… 1 hal yang akan selalu aku ingat sebelum dia pergi “kamu harus janji ma kk, harus semangat. Oke… ngga boleh sedih… J
1 kata kunci “GANBATTE” !!!
Entah sampai kapan nama “LAWLIET” itu akan terukir didalam hati. Dan entah berapa lama aku harus menghapus ukiran itu dari hati. Nama itu tidak tertulis dihatiku, tapi sudah terukir seperti ukiran di atas sebuah batu yang sulit untuk dihapus. Kadang aku berfikir dan bertanya kepada Tuhan, “Tuhan, mengapa aku tidak pernah merasakan SEDIKIT balasan cinta dan sayang dari orang yang aku cintai??” . saat ini,aku hanya berharap lawliet bisa merasakan apa yang aku rasakan. Memendam, menahan dan mencoba mengobati sendiri rasa sakit yang aku rasakan. Rasa sakit itu terasa lebih sakit ketika aku tau, ternyata lawliet dan putri balikan lagi. Aku tau semua itu ketika jam istirahat, dan putri memintaku untuk memfoto nya.
“Rin.. tolong foto’in ya.. “ katanya sambil memberikan hapenya kepadaku…
Ketika aku melihat wallpaper di hapenya…
“kak lawliet??” kata ku dalam hati.
Wallpaper hp nya foto kak lawliet?? Kenapa dia tega?? Padahal dia tau kalo aku suka sama lawliet… apa dia sengaja?? Apa dia balikan?? Tapi kenapa disaat dia tau kalo aku suka sama kak lawliet, dia malah mau diajak balikan?? Kenapa?? Kenapa?? Kenapa??
Yaampunnn… sakitnya…
“Emm put,, aku ngga tau kameranya dimenu mana…” kataku sambil mencoba menahan air mataku yang mulai terlihat berkaca kaca.
“Oh… iya… lupa…”katanya…
“Emm… put, aku ke kelas dulu ya…” kataku…
“Loh… terus yang fotoin aku siapa?”
“Vina tuh… “ kataku cetus…
Jambul… jambul… jambul… jambul… !!!
Aku cengeng banget sih…!!
Udah berapa kali aku sakit Cuma gara gara lawliet?? Udah brapa kali aku nangis Cuma gara gara lawliet !!? kenapa juga dulu aku harus suka sama dia?? kenapa juga dulu aku harus minta nomor dia ke kakak kelas terus sms dia!! hah… nyeseeeelll udah suka sama dia!!
Cukup sudah aku mengagumi.
Aku berjanji sama diri ku sendiri, untuk mencoba menghapus nama itu, bagaimana pun caranya, aku harus bisa. Dia seperti mawar yang tumbuh di hatiku, semakin dia tumbuh besar, maka durinya pun akan semakin melukai hati, tempat dimana mawar itu tumbuh. Mawarnya memang indah, tapi keindahan itu hanya semantara, mawar itu perlahan lahan akan menggugurkan daun dan bunganya… lalu layu kering tak berbekas. Tinggalah duri yang menancap di sekujur batang nya dan melukai hati, tempat mawar itu tumbuh. apa mawar itu bisa tumbuh lagi dan memberikan keindahan nya????
“MUNGKIN”
Tapi aku ingin mencabutnya…
Karna dihatiku… mawar itu tidak akan mungkin kembali subur dan tumbuh. Mawar itu tidak mungkin mengeluarkan keindahannya seperti dulu. Karana seharusnya mawar itu tidak tumbuh dihatiku, tapi di hati lain, yang bisa membuatnya terus tumbuh subur hingga ahirnya berbunga. Mawar putih itu tidak akan bisa tumbuh dhatiku, karna hatiku terlalu keras dan kadang terlalu lunak, keadaan yang buruk dan tidak pernah menentu.
Mawar itu memang tak seharusnya aku letakkan dihatiku. Ya… dia tidak akan berkembang jika bersama ku… jadi aku harus meninggalkan mawar itu ditempat yang paling pas untuknya. Good bye “white rose” J     

0 komentar:

Posting Komentar